Jumat, 29 Juni 2012

Cara cepat menghafal Al Quran

Menghafal Quran ?? Susah, sedang, atau mudah ??
Dalam menghafal quran sebenarnya tidak sulit, tapi juga tidak mudah, yang penting kalian memiliki kemauan untuk bisa menghafal nya, karena menghafal quran adalah hal mulia. Menghafal quran adalah salah satu jalan menuju surga, dan jalan ke surga pasti ada halanganya, bisa itu orang yang iri jika anda menghafalnya, bisa orang yang menjauhi anda karena mungkin pergaulan anda tidak cocok dengan mereka, anda melakukan suatu hal yang menuju surga, sedangkan mereka melakukan suatu hal menuju neraka. Jika anda mungkin sedang menghafal Quran (baik mendengarkan Cd/MP3 atau membaca nya) wajar saja jika anda dikatakan "So Alim","So ustadz", atau perkataan lainya. Hal ini sangatlah wajar, tapi ini barulah hal kecil, coba lihat, banyak orang muslim malah dijadikan teroris, sekalipun mereka tidak bersalah. Jika ada teman-teman anda (mungkin teman dekat, dan anda sering bermain dengan mereka) dan prilaku mereka selalu menjurus ke maksiat, dan suatu saat anda melakukan hal islamiah, pasti dianggap Ustadz, bahkan saya sendiri yang mungkin hanya solat berjamaah di musholla (didekat rumah), dan ketika jalan saya menuju musholla lalu bertemu dengan mereka, mereka bilang "Halo pak Haji, apa kabar ?" saya tau, mereka bukan memanggil saya melainkan meledek, tapi inilah memang rintangan yang harus dihadapi.

Itu mungkin  baru rintangan pertama, rintangan berikutnya mungkin anda akan mendapatkan cobaan dari Allah, baik itu anda susah menghafal quran, atau hal lainya, tapi jika anda tetap istiqomah (keinginan tetap, dan terus diakukan hingga bisa) Insya Allah anda akan bisa menghafal quran dengan melewati cobaan-cobaan. Jika anda telah kalah oleh orang yang meledek anda, saya yakin anda sulit menembus keinginan anda, sedangkan keinginan anda itu mulia. Jika anda mungkin memiliki sedikit niatan riya, atau hal lainya, lebih baik teruskan. Mungkin suatu saat niatan anda (yang buruk) itu akan hilang, tapi coba diusahakan agar anda menghafal quran dengan tujuan mendapat ridho Allah. Dan kalian harus tau suatu hadits bahwa menusia nanti (hari akhir) akan membacakan al quran yang telah dihafalnya, dan dia ditempatkan sesuai dengan hafalanya, saya lupa dalilnya tapi saya pernah membaca hadits ini, coba lihat di google mungkin anda dapat dalilnya

Sebelum anda menghafal quran sebaiknya anda memiliki persiapan, dimana persiapan ini mungkin akan membantu anda, bayangkan saja jika anda akan mudik, tanpa membawa persiapan seperti : uang,makanan, pakaian dll. pasti anda akan kesusahan saat mudik. Begitu juga dengan menghafal al quran tanpa persiapan anda pasti sulit, dan metode nya mungkin saya akan tuliskan beberapa metodenya sehingga mungkin ada metode yang salah satunya cocok dengan anda, berikut persiapan menghafal Al Quran dan metode menghafal Al Quran :.

 1. Keinginan dan niatan yang besar.

Hal terpenting nya adalah keinginan, jika anda bersungguh-sungguh dan ingin bisa pasti anda suatu saat akan hafal setidaknya beberapa juz, jika niat anda mungkin masih ada sedikit riya wajar, tapi usahakan hilangkan. Jika anda menghafal quran selama 30 hari, mungkin kemungkinannya anda untuk berhenti menghafal quran sangatlah besar, dan jika 90 hari kemungkinan anda untuk berhenti menghafal quran dengan meneruskan untuk menghafal quran adalah seimbang fifty-fifty, dan jika 1 tahun anda menghafal quran kemungkinan lebih besar anda tidak akan menghilang kebiasaan anda tentang menghafal quran, jadi biasakan dulu untuk menghafal quran setiap hari. Jika ada sifat riya maka inilah hal wajar, karena jalan menuju surga itu sulit, tapi ingat jika anda melakukan suatu kebaikan dengan sifat riya, atau bahkan sombong, maka pahalanya sama saja dengan 0 (nol).

2. Istiqomah

Masih ada yang bertanya, apa itu istiqomah ?? Istiqomah itu tetap, jadi jika anda menghafal quran anda harus tetap, sekalipun banya godaan/kesulitan anda tetap menghafal quran, jangan sampai berhenti. Jika anda berhenti menghafal quran maka mungkin saja hafalan anda bisa lupa, jika sulit menghafal suatu ayat yah setidaknya anda menghafal 1 ayat, dan ingat !! Jika anda telah hafal suatu suarah/surat maka sebaiknya diulang terus, dan jangan sampai lupa,  dan tolong jangan merendahkan ayat/surat-surat pendek, seperti al Qoriah, Al Bayyinah, Adh Dhuha dll. Karena surah itu pendek jika dibandigkan dengan Al'Ala, An Naba dll. walaupun itu surat pendek tapi tetap harus diulang, sehingga anda tidak lupa, begitupula dengan surat yang panjang anda harus selalu mengulang hingga tidak lupa. Dengan istiqomah anda pasti bisa menghafal quran walapun dalam jangka waktu yang lama asalkan anda tekun, yakin, dan tentunya istiqomah

3. Menggunakan 1 mushaf Quran/ menggunakan 1 Al Quran, dan Menguasai ilmu tajwid.

Bagi anda yang ingin memulai untuk menghafal quran, silahkan anda menggunakan 1 mushaf saja, biasa jika menggunakan lebih dari 1 mushaf, ingatan anda akan sedikit lemah, karena bisa jadi saat anda membacanya ada keragu-raguan. Dengan 1 mushaf, setidak nya ingatan anda bisa menjadi kuat, karena selain dengan pendengaran mengingat juga bisa dengan penglihatan, dengan melihat anda dapat membayang kan huruf-hururf apa yang sulit, saran saya anda tidak seperti saya yang menggunakan banyak mushaf, karena saya sendiri terkadang selalu ada keragu-raguan saat membacanya, baik itu makhorijul hururf, atau hal lainya, tapi biasanya saya itu ragu di makhorijul huruf, soal tajwid itu adalah hal mudah. Jika anda tidak mengusai tajwid anda akan kesulitan, percaya lah. Walaupun bisa saja menghafal Quran tanpa bisa baca quran, tetapi tajwid ini penting, jika anda sedang di angkutan umum, bukankah anda bisa menambah hafalan quran anda sambil membaca Quran yang ukuranya mini. Dengan mengerti ilmu tajwid, anda akan lebih mandiri lagi dalam menghafal quran.

Setelah anda memiliki persiapan, tentunya saat anda melakukan pasti akan lebih mudah dari pada tidak memiliki persiapan sama sekali.  Sebenarnya masih banyak lagi persiapan yang harus dimiliki agar lebih mudah prosesnya, hanya saja yang saya tuliskan itu adalah hal-hal utama. Yang anda perlukan saat ini adalah setidaknya menyisihkan waktu sebanyak 15-30 menit, setidaknya paling sedikit 15 menit luangkan waktu anda untuk menghafal quran.Tidak banyak hanya 15 menit, dan mungkin anda bisa menghafal al quran dalam waktu beberapa tahun, tapi anda jangan terlalu ingin cepat-cepat hafal, setidaknya jika anda tidak hafal al quran secara menyeluruh, tidak perlu disesali, dari pada anda sering menambah hafalan namun hafalan sebelum nya lupa ?? bagaimana tuh ?? anda akan merasa menghafal dari nol, makanya setelah hafal tolong ulang bacaan nya. Dan berikut metode menghafal quran yang setidaknya efektif :

1. Membaca setiap ayat 20 kali.

Jika anda ingin menghafal suatu ayat, baca saja ayat itu 20 kali, gk nyampe 15 menit kok. Misalkan anda ingin menghafal surah An-Naba, silahkan baca ayat pertama 20 kali, lalu setelah dibaca, lanjutkan ke ayat kedua, sama juga, yaitu dibaca 20 kali, dan lanjut ke ayat ketiga, terus.... dan hingga ayat ke 5 setelah dibaca 20 kali. Mungkin saja saat mengulang ayat pertama lupa, (mungkin) !! tapi sebaiknya jika anda lupa atau bahkan tidak lupa, tetap saja ulangi lagi dari ayat pertama hingga ke 5 dengan 20 kali, bukan 20 kali, 20 kali, tapi dari ayat 1-5 sebanyak 20 kali, ini bertujuan untuk menguatkan hafalan. Setidaknya bagi anda agar ini benar-benar hafal, silahkan di baca dalam 3 waktu, waktu pertama dibaca subuh, waktu kedua dibaca Dzuhur, waktu ketiga dibaca saat maghrib, jika 1 hari 1 waktu, mungkin hafalan anda akan cepat lupa, menurut saya memori ini mengandalkan ingatan pendek (short memory), jadi wajar saja jika setelah menghafal tanpa diulangi beberapa saat, itu akan lupa.

2. Mendengarkan Cd/Mp3/Murottal

Metode ini yang cocok dengan saya, yah walaupun lama menghafalnya tapi terbukti cukup efektif. Cara nya anda hanya perlu mendownload mp3 nya, anda mungkin bisa mendownload mp3 beberapa sheikh, seperti Abu Bakr Ash-Shatri, Mishary Rasyid, Al Ghomdi, dll. untuk al ghomidi bisa di download di http://alghamidy.tripod.com/ mungkin jika ada bacaan yang lebih bagus, anda bisa cari di youtube, cari bacaan yang enak didengar sehingga bacaan nya disukai oleh anda, seperti Thoha Junaidy, Bilal Assad, dll.
cara mencari di youtube sangat mudah, seperti ini "Nama surah (spasi) by (spasi) Sheikh", contoh "An-Naba by Bilal Assad'' atau " Surah Mulk by Mishary Rasyid" dll.

Pengulangan

Setelah anda hafal banyak ayat, mungkin suatu saat anda bisa saja lupa bagin tertentu, apalagi jika ayat nya mirip-mirip atau bahkan sama, adapun pengulangan anda bisa sering mendengar Cd/Mp3, atau juga anda bisa membaca saat solat, apalagi diulang sebelum tidur. Sebaiknya anda melakukan solat sunnah (apa saja sebelum tidur), dan sambil hitung-hitung mengulang haflan. Dan usahakan jika anda kemesjid, pilihlah mesjid yang imamnya fasih, karena mendengar bacaan imam yg tidak fasih, bisa membuat anda ragu dalam mengingat ayat-ayat yang telah dihafal. Sebisa mungkin tidak mendengarkan bacaan yang cacat/kurang fasih, baik dalam makhorijul huruf,tajwid, dll. karena isa merusak hafalan anda. Jika anda mau anda bisa bikin jadwal, misalkan di subuh anda mengulang surah apa, saat dzuhur mengulang surah apa, tapi disiplin, karena ini akan menguatkan anda dengan hafalan sebelumnya, dan ingan jangan menambah hafalan jika hafalan sebelumnya belum diulang, karena hafalan sebelumnya bisa lupa.

Semoga sukses !!

4 komentar:

  1. trmksh infonya, saya jd lbh smngt utk menghfl alqur'an. kunjungi jg site sy di http://fahrub.blogspot.com/2013/02/efek-samping-obat-kimia_17.html

    BalasHapus
  2. Terima kasih saya jadi tahu cara menghafal jus Ama dengan cepat,karena di semeater ini harus hafal juz 30

    BalasHapus