Jumat, 27 Juli 2012

Sholat sunah ba'da subuh dan ashar

Sholat sunah Rowatib

Kalian tau solat sunnah rowatib, saya yakin anda pasti tau. Diantara banyak solat sunah rowatib ternyata ada yang dilarang, tapi mengapa nabi sendiri melakukanya ?? Kali ini kita akan membahas tentang hal itu

Perhatikan hadist ini, (maaf saya sulit menuris arabnya).


Artinya :"Dari 'Aisyah meriwayatkan bahwasanya Rasulallah tidak pernah meninggalkan (sholat sunah) 4 rakaat sebelum Zuhur, dan 2 rakaat sebelum pagi (subuh)" H.R Bukhari (Diambil dari buku "Menghafal 100 hadits pilihan Bukhari & Muslim"

Dari ayat diatas, berarti dapat disimpulkan bahwa solat sunah sebelum dzuhur dan sebelum subuh, hukumnya adalah sunah, kenapa sunah ? karena saya belum pernah menemukan suatu hadist bahwa rasulallah menyuruh kita solat sebelum dzuhur, dan subuh, apalagi saya belum pernah menemukan suatu ayat bahwa kita dipertintahkan solat sebelum dzuhur, dan subuh. Solat sunah ini hukumnya ialah sunah, lebih jelasnya sunah muakad, yaitu solat sunah yang dianjurkan, dan sering dilakukan oleh Rasulallah.

Perhatikan hadist ini.


"Barangsiapa menjaga dalam mengerjakan shalat sunnah dua belas rakaat, maka Allah akan membangunkan rumah untuknya di surga, yaitu empat rakaat sebelum zhuhur, dua rakaat setelah zhuhur, dua rakaat setelah maghrib, dua rakaat setelah isya` dan dua rakaat sebelum subuh" H.R Tirmidzi, dan Nasai.
Hadits diatas bersumber dari beberapa blog, tetapi ada yang mengatakan ini dari aisyah, namun ada juga yang mengatakan hadits diatas dari Ummu habibah, tetapi menurut saya isinya. dan menurut Tirmidzi hadits ini hasan shohih.

Perhatikan juga yang digaris bawahi, "4 rakaat sebelum zuhur, 2 rakaat sesudah zuhur, 2 rakaat setelah maghrib, dan 2 rakaat setelah isya". Berarti solat sunah ini hukum nya sunah muakad.

Mengenai solat sunah sebelum Ashar, menurut saya hukumnya sunah ghair muakad, karena jika sunah muakad, nabi pasti sudah menyarankan untuk mengerjakanya, Perhatikan hadits ini

Dari Ibnu Umar, sesungguhnya Nabi Saw., beliau bersabda, “Allah akan memberi rahmat kepada orang yang shalat sebelum ashar 4 rakaat.” (HR.Ahmad, Abu Dawud dan Tirmidzi).

Hadits ini saya temukan dari 2 blog, menurut 1 blog yang saya baca, intinya anda boleh melakukan solat sebelum ashar 4 rakaat, menurut blog satunya lagi hadist diatas tidak shohih. Saya sependapat dengan yang kedua, karena jika seperti itu, pastilah nabi menyarakan kpd 'Aisyah/Ummu habibah untuk solat sunah sebelum ashar 4 rakaat. Tapi kita ingat bahwa ada hadist lagi,yg menyatakan sesungguhnya antara 2 adzan (adzan dan iqomat) tedapat solat (sunah). Jadi menurut saya solat sunah sebelum ashar hukumnya ghair muakad. Jika ada pendapat lain, silahkan komentar atau hubungi Fb saya Dodimahatir@yahoo.co.id

Kita bahas saja tentang solat sunah setelah ashar dan setelah subuh.....
Mungkin diantara kalian ada yg bertanya tentang hukum sholat sesudah ashar (ba'da), dan subuh. Jujur ini pun pernah saya fikirkan, hingga akhirnya saya ingin memberikan ilmu yang saya dapatkan. Menurut saya hukumnya adalah tidak boleh.. berikut dengan alasanya

Imam al-Bukhari dan Muslim meriwayatkan dari Ibnu Abbas berkata, “Orang-orang yang diridhahi bersaksi di sisiku dan yang paling diridhai adalah Umar bahwa Rasulullah saw melarang shalat ba’da Shubuh sampai matahari terbit dan ba’da Ashar sampai matahari terbenam.”
diriwayatkan dari Ibnu Abbas Radhiyallahu 'Anhuma, ia berkata: “Beberapa orang yang aku percaya dan dipercaya oleh Umar bersaksi bahwa Nabi Shallallaahu 'Alaihi Wasallam melarang shalat setelah Shubuh sehingga matahari terbit dan sesudah ‘Ashar sehingga matahari tenggelam.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Sebenarnya masih ada beebrapa hadits yang melarang bahwa rasulallah melarang sholat di dua waktu tersebut, itu perintah rasulallah. tapi mungkin diantara kalian menemukan hadist yang shohih juga berkenaan bahwa rasulallah sering solat ba'da Ashar ? yaa hadits itu juga ada, menerangkan bahwa Rasulallah sering melakukan sholat ba'da ashar. saya perlihatkan  hadits nya

Dari ‘Aisyah radliyallaahu ‘anhaa ia berkata : “Demi Allah, beliau tidak pernah meninggalkan shalat dua raka’at sehingga beliau shallallaahu ‘alaihi wasallam bertemu dengan Allah, dan beliau tidak bertemu dengan Allah ta’ala hingga beliau merasa berat melakukan shalat. Dan beliau sering melakukan shalatnya dengan duduk, yaitu shalat (sunnah) dua raka’at setelah ‘Ashar dan Nabi shallallaahu ‘alaihi wasallam biasa mengerjakan shalat (sunnah) dua raka’at setelah ‘Ashar itu tidak di dalam masjid karena takut akan memberatkan umatnya dan beliau senang terhadap sesuatu yang membuat ringan bagi umatnya” (HR Bukhari)



“Dua shalat yang tidak pernah ditinggalkan Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam di rumahku dalam keadaan apapun yaitu : Dua raka’at sebelum Fajar/Shubuh dan dua raka’at setelah ‘Ashar” (H.R Bukhori dan Muslim)


Tentang hadits diatas, saya tidak mengada-ngadakan, melainkan saya dapat dari beberapa sumber.
Dari hadits sebelumnya hingga hadits diatas, ada 2 kesimpulan. Sebenarnya banyak sekali hadits yang menjelaskan tentang kesimpulan yang ke 1 dan ke 2, namun saya hanya mengambil sebagian saja.
1). Nabi melarang solat sunnah ba'da ashar/subuh..
2). Nabi melakukan solat sunnah ba'da ashar.

Saya berpendapat bahwa kita tidak perlu melakukan sholat sunnah ba'da ashar/subuh, karena kita harus menaati perintah Rasulallah, jika kita tidak taat berarti kita berdosa. Lalu perhatikan perkataan Aisya/hadits yang kedua, lagi pula itu perkataan aisyah bukan perkataan nabi Muhammad.
Hai orang-orang yang beriman, taatilah Allah dan taatilah Rasul (Nya), dan ulil amri di antara kamu. Kemudian jika kamu berlainan pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah ia kepada Allah (Al Qur'an) dan Rasul (sunnahnya), jika kamu benar-benar beriman kepada Allah dan hari kemudian. Yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya. (An-nisaa  ayat 59).
Diperkuat dengan dalil Al Quran diatas, bahwa kita harus menaati Rasulallah, jika ada perbedaan pendapat kita kembalikan ke al quran dan hadits (perkataan nabi muhammad). Sedangkan nabi muhammad menyuruh untuk tidak melakukan sholat ashar.

Jika ada perbedaan pendapat silahkan koment dibawah, atau bisa juga kirim pesa ke @dodimahatir@yahoo.co.id (email & fb).

Wassalamualaikum

1 komentar: