Jumat, 27 Juli 2012

Sholat sunah ba'da subuh dan ashar

Sholat sunah Rowatib

Kalian tau solat sunnah rowatib, saya yakin anda pasti tau. Diantara banyak solat sunah rowatib ternyata ada yang dilarang, tapi mengapa nabi sendiri melakukanya ?? Kali ini kita akan membahas tentang hal itu

Perhatikan hadist ini, (maaf saya sulit menuris arabnya).


Artinya :"Dari 'Aisyah meriwayatkan bahwasanya Rasulallah tidak pernah meninggalkan (sholat sunah) 4 rakaat sebelum Zuhur, dan 2 rakaat sebelum pagi (subuh)" H.R Bukhari (Diambil dari buku "Menghafal 100 hadits pilihan Bukhari & Muslim"

Dari ayat diatas, berarti dapat disimpulkan bahwa solat sunah sebelum dzuhur dan sebelum subuh, hukumnya adalah sunah, kenapa sunah ? karena saya belum pernah menemukan suatu hadist bahwa rasulallah menyuruh kita solat sebelum dzuhur, dan subuh, apalagi saya belum pernah menemukan suatu ayat bahwa kita dipertintahkan solat sebelum dzuhur, dan subuh. Solat sunah ini hukumnya ialah sunah, lebih jelasnya sunah muakad, yaitu solat sunah yang dianjurkan, dan sering dilakukan oleh Rasulallah.

Perhatikan hadist ini.


"Barangsiapa menjaga dalam mengerjakan shalat sunnah dua belas rakaat, maka Allah akan membangunkan rumah untuknya di surga, yaitu empat rakaat sebelum zhuhur, dua rakaat setelah zhuhur, dua rakaat setelah maghrib, dua rakaat setelah isya` dan dua rakaat sebelum subuh" H.R Tirmidzi, dan Nasai.
Hadits diatas bersumber dari beberapa blog, tetapi ada yang mengatakan ini dari aisyah, namun ada juga yang mengatakan hadits diatas dari Ummu habibah, tetapi menurut saya isinya. dan menurut Tirmidzi hadits ini hasan shohih.

Perhatikan juga yang digaris bawahi, "4 rakaat sebelum zuhur, 2 rakaat sesudah zuhur, 2 rakaat setelah maghrib, dan 2 rakaat setelah isya". Berarti solat sunah ini hukum nya sunah muakad.

Mengenai solat sunah sebelum Ashar, menurut saya hukumnya sunah ghair muakad, karena jika sunah muakad, nabi pasti sudah menyarankan untuk mengerjakanya, Perhatikan hadits ini

Dari Ibnu Umar, sesungguhnya Nabi Saw., beliau bersabda, “Allah akan memberi rahmat kepada orang yang shalat sebelum ashar 4 rakaat.” (HR.Ahmad, Abu Dawud dan Tirmidzi).

Hadits ini saya temukan dari 2 blog, menurut 1 blog yang saya baca, intinya anda boleh melakukan solat sebelum ashar 4 rakaat, menurut blog satunya lagi hadist diatas tidak shohih. Saya sependapat dengan yang kedua, karena jika seperti itu, pastilah nabi menyarakan kpd 'Aisyah/Ummu habibah untuk solat sunah sebelum ashar 4 rakaat. Tapi kita ingat bahwa ada hadist lagi,yg menyatakan sesungguhnya antara 2 adzan (adzan dan iqomat) tedapat solat (sunah). Jadi menurut saya solat sunah sebelum ashar hukumnya ghair muakad. Jika ada pendapat lain, silahkan komentar atau hubungi Fb saya Dodimahatir@yahoo.co.id

Kita bahas saja tentang solat sunah setelah ashar dan setelah subuh.....
Mungkin diantara kalian ada yg bertanya tentang hukum sholat sesudah ashar (ba'da), dan subuh. Jujur ini pun pernah saya fikirkan, hingga akhirnya saya ingin memberikan ilmu yang saya dapatkan. Menurut saya hukumnya adalah tidak boleh.. berikut dengan alasanya

Imam al-Bukhari dan Muslim meriwayatkan dari Ibnu Abbas berkata, “Orang-orang yang diridhahi bersaksi di sisiku dan yang paling diridhai adalah Umar bahwa Rasulullah saw melarang shalat ba’da Shubuh sampai matahari terbit dan ba’da Ashar sampai matahari terbenam.”
diriwayatkan dari Ibnu Abbas Radhiyallahu 'Anhuma, ia berkata: “Beberapa orang yang aku percaya dan dipercaya oleh Umar bersaksi bahwa Nabi Shallallaahu 'Alaihi Wasallam melarang shalat setelah Shubuh sehingga matahari terbit dan sesudah ‘Ashar sehingga matahari tenggelam.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Sebenarnya masih ada beebrapa hadits yang melarang bahwa rasulallah melarang sholat di dua waktu tersebut, itu perintah rasulallah. tapi mungkin diantara kalian menemukan hadist yang shohih juga berkenaan bahwa rasulallah sering solat ba'da Ashar ? yaa hadits itu juga ada, menerangkan bahwa Rasulallah sering melakukan sholat ba'da ashar. saya perlihatkan  hadits nya

Dari ‘Aisyah radliyallaahu ‘anhaa ia berkata : “Demi Allah, beliau tidak pernah meninggalkan shalat dua raka’at sehingga beliau shallallaahu ‘alaihi wasallam bertemu dengan Allah, dan beliau tidak bertemu dengan Allah ta’ala hingga beliau merasa berat melakukan shalat. Dan beliau sering melakukan shalatnya dengan duduk, yaitu shalat (sunnah) dua raka’at setelah ‘Ashar dan Nabi shallallaahu ‘alaihi wasallam biasa mengerjakan shalat (sunnah) dua raka’at setelah ‘Ashar itu tidak di dalam masjid karena takut akan memberatkan umatnya dan beliau senang terhadap sesuatu yang membuat ringan bagi umatnya” (HR Bukhari)



“Dua shalat yang tidak pernah ditinggalkan Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam di rumahku dalam keadaan apapun yaitu : Dua raka’at sebelum Fajar/Shubuh dan dua raka’at setelah ‘Ashar” (H.R Bukhori dan Muslim)


Tentang hadits diatas, saya tidak mengada-ngadakan, melainkan saya dapat dari beberapa sumber.
Dari hadits sebelumnya hingga hadits diatas, ada 2 kesimpulan. Sebenarnya banyak sekali hadits yang menjelaskan tentang kesimpulan yang ke 1 dan ke 2, namun saya hanya mengambil sebagian saja.
1). Nabi melarang solat sunnah ba'da ashar/subuh..
2). Nabi melakukan solat sunnah ba'da ashar.

Saya berpendapat bahwa kita tidak perlu melakukan sholat sunnah ba'da ashar/subuh, karena kita harus menaati perintah Rasulallah, jika kita tidak taat berarti kita berdosa. Lalu perhatikan perkataan Aisya/hadits yang kedua, lagi pula itu perkataan aisyah bukan perkataan nabi Muhammad.
Hai orang-orang yang beriman, taatilah Allah dan taatilah Rasul (Nya), dan ulil amri di antara kamu. Kemudian jika kamu berlainan pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah ia kepada Allah (Al Qur'an) dan Rasul (sunnahnya), jika kamu benar-benar beriman kepada Allah dan hari kemudian. Yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya. (An-nisaa  ayat 59).
Diperkuat dengan dalil Al Quran diatas, bahwa kita harus menaati Rasulallah, jika ada perbedaan pendapat kita kembalikan ke al quran dan hadits (perkataan nabi muhammad). Sedangkan nabi muhammad menyuruh untuk tidak melakukan sholat ashar.

Jika ada perbedaan pendapat silahkan koment dibawah, atau bisa juga kirim pesa ke @dodimahatir@yahoo.co.id (email & fb).

Wassalamualaikum

30 komentar:

  1. Copas atau Artikel buatan sendiri gan?

    BalasHapus
  2. Baru tau ada larangan sholat sunat dari Rasul padahal blom terucap dari rasul...

    BalasHapus
    Balasan
    1. لاَ صَلاَةَ بَعْدَ الصُّبْحِ حَتَّى تَرْتَفِعَ الشَّمْسُ وَلاَ صَلاَةَ بَعْدَ الْعَصْرِ حَتَّى تَغِيْبَ الشَّمْسُ

      “Tidak ada shalat setelah subuh sampai matahari tinggi dan tidak ada shalat setelah ashar sampai matahari tenggelam.” (HR. Al-Bukhari no. 586 dan Muslim no. 1920).

      Hapus
    2. Itu menurut anda kan semua Alloh yg nilai

      Hapus
  3. Yang dimaksud hadist itu bukan hanya ucapan Rasulullah bro, tapi juga perbuatan Rasulullah. Jadi yang disampaikan ibunda Aisyah itu juga hadis yang sama kuatnya. Oleh karena itu bagi yang ingin sholat setelah sholat asyar silakan saja sebelum matahari menguning mau tenggelam.

    BalasHapus
  4. Kakek sy kok setiap habis shalat subuh selalu shalat sunah 2 rakaat, sy tanyakan kata beliau rasul setiap habis shalat wajib/ fardhu selalu di ikuti dgn shalat sunnah, dan sy bilang bukanya ada larangan shalat subuh lalu sunah,.... Kata kakek saya, shlat itu seperti 2 kalimat shahadat, fardhu/wajibnya shalat itu Allah, dan sunnah nya sendiri itu rasul,....itu bagaimana?,... Dan sedikit keterangan Kakek sy orang tasauf,

    BalasHapus
  5. Saya kelupaan mengerjakan ba'da ashar, apakah saya berdosa?
    Yg tau mohon pencerahannya!.

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. Saya melaksanakan sholat setelah ashar
    Kalo gak tau gimana hukum nya ?
    Baru aja tau baca blog ini
    Dan klo dilarang gak bakalan ku ulangi lagi . Gimana pendapatnya ?

    BalasHapus
  8. maaf untuk kalimat terakhir paragraf ini tolong di cek kembali
    Diperkuat dengan dalil Al Quran diatas, bahwa kita harus menaati Rasulallah, jika ada perbedaan pendapat kita kembalikan ke al quran dan hadits (perkataan nabi muhammad). "Sedangkan nabi muhammad menyuruh untuk tidak melakukan sholat ashar." pada bagian ya saya beri tanda petik
    ini copas langsung dari atas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya akhirnya, bagian itu juga saya baca bolak balik ternyata ada kurang ketik , mungkin dilarang ba'da sholat ashar

      Hapus
    2. Iya akhirnya, bagian itu juga saya baca bolak balik ternyata ada kurang ketik , mungkin dilarang ba'da sholat ashar

      Hapus
  9. Masukkan komentar Anda...bodohnya diriku. sunah bada subuh dan ashar ternyata ga boleh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama, saya juga baca cuma sebagiannya saja dibuku, kirain semua sholat fardu ada qobliah dan badiahnya..

      Hapus
  10. Yang jelas dong..kebanyakan pendapat sendiri..
    Menurut saya..pendapat saya lah..

    BalasHapus
  11. TEKS ARTIKELNYA SAYA BARU TAU,SOAL SAYA SELESAI SHOLAT SUBUH SAYA MENGERJAKAN SHOLAT BADIAH SUBUH DITEGOR,SAYA PENASARAN EH TERNYATA BENER TIDAK ADA BADIAH SUBUH ,CUMAN HANYA QOBILAYAH SUBUH,SAYA BELAJAR DARI KESALAHAN SAYA AKAN PERBAIKI
    TERIMAKASIH

    BalasHapus
  12. Tadi juga ada yang negur ?
    Mas sholat ba'dyah ya katanya ,saya jawab iya pak soalnya tadi di awal belum (saya bilang begitu).mas saya kasih tahu ya kalau tidak ada sholat Sunnah setelah shubuh & ashar (kata beliau) dalam hati saya berkata "ini orang pagi2 sudah cerramahin saya" kaya ustadz aja" setelah saya browsing & cari cari informasi memang tidak ada & saya baru tahu (belajar juga dari kesalahan untuk memperbaiki diri semoga tetap di jalan yang benar) amin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klaw g sempat sholat sunnah di awal gpp setelahnya sholat itu hukumnya makruh bukan haram tp klaw bakda subuh sholat qodo.syukur.sholat gerhana .sholat jenazah.itu boleh

      Hapus
  13. Sya sempet emosi setelah hbs shalat subuh berjamaah, sya melaksanakan shalat ba'diah..setelah salam tiba2 ada yg tegur.. Mas shalat apa? Sya jawab shalat ba'diah malah di ceramahin klo tidak ada shalat ba'diah setelah subuh.. Sempet ngga terima, sya yg salah apa dia yg salah.. Setelah buka artikel ini, baru paham ilmu islam sya masih seujung kuku baoak yg tegur sya barusan.. Maafkn hambamu ini ya rabb..

    BalasHapus
  14. Sya sempet emosi setelah hbs shalat subuh berjamaah, sya melaksanakan shalat ba'diah..setelah salam tiba2 ada yg tegur.. Mas shalat apa? Sya jawab shalat ba'diah malah di ceramahin klo tidak ada shalat ba'diah setelah subuh.. Sempet ngga terima, sya yg salah apa dia yg salah.. Setelah buka artikel ini, baru paham ilmu islam sya masih seujung kuku baoak yg tegur sya barusan.. Maafkn hambamu ini ya rabb..

    BalasHapus
  15. Sama tadi juga ditegur sama ibu² setelah shalat subuh saya melakukan shalat ba'diah. Ditanyain klo ternyata tidak ada shalat setelah shalat subuh dan ashar, ada ibu² yg kirain saya baru pertama kali shalat bukannya baru belajar dan pertama kali shalat cuman lupa karena baru kali ini lagi sholat subuh di masjid berjamaah setelah setahun yg lalu dibulan ramadhan, kesehariannya cuman shalat dirumah aja. Malu tapi ini jadi pelajaran tersendiri buat saya supaya tidak lupa lagi tentang hukum² shalat

    BalasHapus
  16. Yaampun saya saat ngetik ini abis solat badiyah subuh di masjid toll. Gaada yang negor sih. Iseng browsing krn jarang bgt badiyah jadi lupa jumlah rokaatnya. Aku malu ama diri sendiri ilmu agama masih seujung kuku. Maafkan hambamu ya Allah... Terima kasih ilmunya

    BalasHapus
  17. Ternyata masih perlu banyak belajar lagi..kejadian yg sama yg saya alami td pagi saya sehabis solat subuh saya mau melakukan solat tiba saya kaget ada yg menegur saya katanya mau solat apa saya jawab solat ba'da subuh trs dia bilang gak ada solat sunah ba'da subuh.. Sempat kekeh dngn niat saya yg mau melakukn solat sunnah ba'da subuh setelah pulang kerumah saya pikir2 dan saya cari info ternyata benar bahwa tidak ada solat sunnah ba'da subuh...ternyata masih perlu banyak belajar lagi tentang solat dan yg lainnya

    BalasHapus